Kamis, 18 Maret 2010

Cara Belajar Ala Nina Septiana

Saat memasuki dunia perkuliahan rasanya sangat berbeda ketika SMA. Mulai dari lingkungan, teman - teman, dan cara belajar. Dalam tulisan ini saya akan membahas pada cara belajar. Kalian tahu mengapa demikian ?????Karena cara belajar sangat berpengaruh terhadap presttasi kita. Menurut saya, masa perkuliahan adalah masa yang paling tepat untuk menemukan jati diri dan masa depan. Oleh karena itu, saya akan memberikan tips - tips agar bisa mendapatkan nilai yang bagus. Tulisan ini berjudul Cara belajar Ala Nina Septiana.

Selintas mungkin Anda sudah mengetahui tentang cara belajar yang efektif, tetapi saya akan memaparkan cara belajar saya selama ini, antara lain ;

1. Awal memasuki perkuliahan, siapkan diri Anda untuk mengikuti mata kuliah dengan baik. Catat dan pahami apa yang telah dosen berikan kepada Anda.

2. Jangan sekali - kali Anda bolos kuliah, mungkin bagi kebanyakn mahasiswa/i itu merupakan hal yang wajar karena dapat menghilangkan jenuh akibat tugas yang diberikan dosen. Tettapi menurut saya, hal tersebut sangat merugikan karena waktu akan terbuang dengan sia - sia sehingga bisa tertinggal mata kuliah. Damapk yang paling buruk adalah jika bolos kuliah akan menjadikan suatu kebiasaan dan ketagihan. Akibat dari hal itu, maka bisa menajdi mahasiswa/i abadi karena tidak dapat menyelesaikan kuliah dengan baik dan benar.

3. Fokuskan diri Anda terhadap hal yangg ada di depan mata Anda.

4. Jangan pernah menunda tugas agar tidak menumpuk. Kerjakan apa yang Anda bisa lakukan saat ini.

5. Jika dalam beberapa miinggu ke depan merupakan saatnya ujian, kumpulkan bahan - bahan atau semua materi dari mata kuliah yang diambil.

6. Mulailah menyicil untuk membaca semua mteri tersebut secara rutin dengan mengawali dan mengakhiri belajar dengan doa.

7. Jangan memaksakan diri untuk menghafal karena hal tersebut akan menjadikan beban yang ada di otak kita. Coba baca dalam keadaan santai sehingga otak akan merespon materi dengan baik.

8. Bacalah semua materi dari awal hingga akhir, jangan membaca pada rangkuman karena hal tersebut akan membatasi pikiran dan pemahaman Anda terhadap materi.

9. Targetkan setiap bacaan Anda, misalnya 1 bab dibaca selama 30 menit dan hal tersebut dilakukan berulang - ulang sampai kita memahami materi dengan baik.

10. Pada saat ujian, bacalah doa agar diberi kemudahan dan diakhiri dengan membaca ayat kursi. Kemudian periksa jawaban Anda.

11. Jangan pernah membuat conteka, yakinlah pada diri sendiri bahwa Anda BISA!!!!!

Demikian tips - tips Cara Belajar Ala Nina Septiana, semoga bermannfaat bagi yang membaca. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar