Selasa, 30 November 2010

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

Setiap perusahaan harus memperhatikan masyarakat. Tindakan yang dilakukan perusahaan sebaiknya memikirkan kebutuhan masyarakat
Perusahaan diciptakan oleh masyarakat demi kepentingan masyarakat. Maka kalau tidak lagi berguna bagi masyarakat, masyarakat bisa saja mengubahnya.


Tanggung jawab sosial perusahaan sangat erat kaitannya dengan pertanyaan-pertanyaan berikut:
*Apakah memang perusahaan punya tanggung jawab moral dan sosial ?
*Kalau ada, manakah lingkup tanggung jawab itu ?
*Apakah, terkait dengan tanggung jawab sosial perusahaan itu, perusahaan perlu terlibat dalam kegiatan sosial yang berguna bagi masyarakat atau tidak ?
*Bagaimana tanggung jawab sosial perusahaan itu dapat dioperasionalkan dalam suatu perusahaan

1. Syarat bagi Tanggung Jawab Moral
*Tindakan itu dijalankan oleh pribadi yang rasional
*Bebas dari tekanan, ancaman, paksaan atau apapun namanya
*Orang yang melakukan tindakan tertentu memang mau melakukan tindakan itu

2. Status Perusahaan
Terdapat dua pandangan (Richard T. De George, Business Ethics, hlm.153), yaitu:
*Legal-creator, perusahaan sepenuhnya ciptaan hukum, karena itu ada hanya berdasarkan hukum
*Legal-recognition, suatu usaha bebas dan produktif

Tanggung jawab sosial perusahaan hanya dinilai dan diukur berdasarkan sejauh mana perusahaan itu berhasil mendatangkan keuntungan sebesar-besarnya (Milton Friedman,The Social Responsibilities of Business to Increase Its Profits, New York Times Magazine,13-09-1970)

"Ini hanyalah bentuk tanggung jawab legal…"

*Anggapan bahwa perusahaan tidak punya tanggung jawab moral sama saja dengan mengatakan bahwa kegiatan perusahaan bukanlah kegiatan yang dijalankan oleh manusia
*Tanggung jawab moral perusahaan dijalankan oleh staf manajemen
*Tanggung jawab legal tidak dapat dipisahkan dari tanggung jawab moral

"Sesungguhnya, pada tingkat operasional bukan hanya staf manajemen yang memikul tanggung jawab sosial dan moral perusahaan ini, melainkan seluruh karyawan…."

3.Lingkup Tanggung jawab Sosial
*Keterlibatan perusahaan dalam kegiatan sosial yang berguna bagi kepentingan masyarakat luas
*Keuntungan ekonomis


4.Argumen yang Menentang Perlunya Keterlibatan Sosial Perusahaan
*Tujuan utama Bisnis adalah Mengejar Keuntungan Sebesar-besarnya
*Tujuan yang terbagi-bagi dan Harapan yang membingungkan
*Biaya Keterlibatan Sosial
*Kurangnya Tenaga Terampil di Bidang Kegiatan Sosial

5. Argumen yang Mendukung Perlunya Keterlibatan Sosial Perusahaan
*Kebutuhan dan Harapan Masyarakat yang Semakin Berubah
*Terbatasnya Sumber Daya Alam
*Lingkungan Sosial yang Lebih Baik
*Perimbangan Tanggung Jawab dan Kekuasaan
*Bisnis Mempunyai Sumber Daya yang Berguna
*Keuntungan Jangka Panjang

6. Implementasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
*Prinsip utama dalam suatu organisasi profesional, termasuk perusahaan, adalah bahwa struktur mengikuti strategi
*Artinya, struktur suatu organisasi didasarkan ditentukan oleh strategi dari organisasi atau perusahaan itu
*Strategi yang diwujudkan melalui struktur organisasi demi mencapai tujuan dan misi perusahaan perlu dievaluasi secara periodik, salah satu bentuk evaluasi yang mencakup nilai-nilai dan tanggung jawab sosial perusahaan adalah Audit Sosial
Strategi umumnya menetapkan dan menggariskan arah yang akan ditempuh oleh perusahaan dalam menjalankan kegiatan bisnisnya demi mencapai tujuan dan misi sesuaia dengan nilai yang dianut perusahaan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar