Selasa, 08 Desember 2009

WASPADA TERHADAP CREAM PEMUTIH WAJAH

Manusia diciptakan oleh Tuhana dengan sempurna.Namun setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Hal tersebut sring kali menjadi masalah dalam kehidupan sehari – hari khususnya wanita. Wanita selalu mengutamakan penampilan dan kecantikan dirinya. Dalam memenuhi keinginannya tersebut apapun pasti akan dilakukan, misalnya pergi ke salon ataupun membeli produk kecantikan.
Seperti yang kita ketahui, masyarakat Indonesia sangat konsuntif. Sehingga apapun barang atau produk yang ada di pasar pasti akan ada yang membeli. Kebiasaan yang buruk tersebut akan ssangat melekat pada diri mereka. Bagi masyarakat tingkat menengah ke bawah harga merupakan factor yang utama dalam memenuhi kebutuhan. Bila harga murah, maka kosumen akan mudah untuk mendapatkan produk tersebut. Tidak ada di benak mereka mengapa harga produk tersebut dijual dengan murah.
Bagi wanita kecantikan dan penampilan adalah segalanya, karena meraka yakin dengan kecantikannya itu semua orang akan menyukainya. Masyarakat yang berpenghasilan tinggi akan sangat mudah untuk mendapatkan produk yang dapat membuat dirinya terlihat cantik. Namun bagaimanakah dengan masyarakat yang berpenghasilan kecil?
Sekarang ini banyak produk kecantikan yang dijual murah tetapi produk terdbut banyak mengandung resiko yang sangat bahaya. Produk tersebut misalnya cream pemutih wajah. Banyak masyarakat yang ingin membelinya karena harganya yang murah dan sangat cepat pula dalam proses pemutihan. Namun, mereka tidak mengetahui antara lain :
1. Apa komposisi produk tersebut?
2. Bagaimana menggunakan produk tersebut?
3. Apa dampak atau efek samping produk tersebut terhadap kesehatan?
4. Apakah produk tersebut sudah ada label dan surat izin dari Badan POM?
Mereka hanya mementingkan keinginan sesaat yaitu dengan menggunakan porduk tersebut maka wajah akan menjadi putih. Cream pemutih wajah biasanya mengandung zat kimia seperti mercury.bahan kimia tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan kanker kulit. Proses pemutihan dengan menggunakan cream pemutih ini memerlukan waktu yang sangat singkat yaitu kurang dari sebulan. Namun, pada proses awalkulit wajah akan terlihat seperti mengelupas, kaku, dan kasar. Pemakaiannya pun sangat ketergantungan,sehingga apabila pemakaiannya berhenti akan menyebabkan kulit wajah kembali seperti semula. Bila pemakaiannya secara rutin , kulit wajah akan terlihat putih dan licin tetapi apabila terkena sinar matahari, maka kulit akan berubah menjadi merah, berminyak, dan terasa panas. Hal tersebut akan mengakibatkan penipisan kulit dan kulit wajah akan lebih mudah terkena kotoran.
Oleh karena itu,sebaiknya konsumen harus memiliki pengetahuan antara lain :
1. Pengetahuan tentang produk
2. Pengetahuan tentang pembelian
3. Pengetahuan tentang pemakaian
Dengan demikian masyarakat harus berhati – hati dalam menggunakan produk kecantikan, sebab jika tidak hati –hati wajah kita bukan menjadi cantik tetapi akan berakibat buruk bagi kesehatan kita. Untuk itu sebelum membeli produk sebaiknya kita harus mengetahui antar lain :
1. Informasi tentang produk yang ingin dibeli, misalnya kegunaan, komposisi,
dan cara pemakaiannya.
2. Meminta anjuran dari dokter kecantikan atau dokter kulit.
3. Jangan cepat terpengaruh oleh produk kecantikan yang dijual murah.
4. Mempertimbangkan secara matang apakah produk kecantikan tersebut suda sesuai antara harga dengan kulitas.
5. Memikirkan dampak jangka panjang apabila menggunakan produk tersebut.

1 komentar:

  1. makasih infonya :) memang seharusnya kalau ingin sekali menggunakan cream pemutih wajah harus mengetahui terlebih dahulu komposisi dan reviewnya :D

    BalasHapus