Sabtu, 16 Oktober 2010

PERATURAN

Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak pernah terlepas dari peraturan. Mulai dari masyarakat di sekitar, di sekolah, jalan raya, bahkan dalam keluarga pun juga ada peraturan. Sebenarnya apakah peraturan itu? apa tujuannya? Seperti yang kita ketahui, secara umum peraturan merupakan ketentuan ketentuan yang mewajibkan manusia untuk memeatuhi dan melaksanakan isi dari peraturan tersebut. Tujuan dari peraturan adalah untuk menciptakan kenyamanan dan kedispilnan manusia dalam menjalakan kegiatan sehari-hari. Tetapi tiap lingkungan memiliki peraturan yang berbeda-beda.Oleh karna itu, untuk menciptakan kenyamanan dalam kehidupan sebaiknya kita harus mengetahui peraturan dari lingkungan tersebut.



Namun, banyak orang yang salah mengartikan tujuan dari dibuatnya peraturan tersebut. Istilah yang sering digunakan bagi orang-orang yang melanggar peraturan yaitu " Peraturan dibuat untuk dilanggar ". Mengapa banyak orang yang beranggapan seperti itu? Mungkin mereka jenuh akibat terlalu banyak peraturan yang harus dipatuhi sedangkan orang yang membuat peraturan tersebut belum tentu dapat melaksanakannya dengan baik. Sanksi yang dikenakan pun juga tidak dapat membuat jerah bagi pelanggarnya. Seperti contoh yang paling banyak kita temui yaitu " Dilarang membuang sampah sembarangan ". Kalimat tersebut sepertinya hanya sebuah hiasan yang terterah pada dinding tempat umum. Namun pada kenyataannya peraturan tersebut tidak dapat terealisasi dengan baik. Itu hanya sebagian kecil dari sekian banyaknya peraturan yang ada di kehidupan ini.



Bagaimanahkah agar peraturan peraturan yang ada dapat terlaksana dengan baik? Menurut saya sebaiknya pemimpin dilingkungan masyarakat tidak perlu sibuk membuat berbagai macam peraturan. Tetapi hal yang harus dibenahi yaitu membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya arti peraturan demi kenyamanan bersama. Memberikan penyuluhan penyuluhan penyuluhan atau bimbingan agar mereka lebih menghargai peraturan. sanksi yang harus ditegaskan seharusnya diberikan dengan tegas tanpa pandang bulu. Semoga dengan kesadaran dari dalam diri manusia, peraturan dapat berjalan dengan baik sesuai apa yang diharapkan semua orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar